Atas Nama Bupati Minahasa, Asisten III Vicky Tanor Kukuhkan Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak

TONDANO, identitasnews.id – Penjabat (Pj) Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong, MSi yang diwakili Asisten III Sekda Dr. Christian Vicky Tanor, SPi, MSi membuka kegiatan Evalusi Kabupaten Layak Anak dan mengukuhkan Gugus Tugas KLA Kabupaten Minahasa.

Kegiatan evaluasi KLA ini digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA), Kamis (16/5/2024), di Yama Hotel Tondano.

Kegiatan ini diawali dengan laporan Plt. Kepala Dinas PPPA Agustivo Tumundo, SE, MSi, dan menampilkan Nara Sumber Kepala UPTD PPA DP3AD Provinsi Sulut Marsel Silom, SE dan Fasilitator PUG dan Anak Provinsi Sulut Drs. Boas Wilar.

Kegiatan ini dihadiri Asisten II Sekda Dr. Arodi Tangkere, MAP, para Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Camat, Pengurus Forum Anak Daerah dan stakeholder lainnya.

Pada kesempata ini, Asisten III Dr. Christian Vicky Tanor, SPi, MSi, mewakili Bupati menyampaikan kegiatan evaluasi dan pengukuhan Gugus Tugas KLA Kabupaten Minahasa berharap bisa melaksanakan setiap tanggung jawab dengan keteguhan, sehingga menghasilkan langkah-langkah konkrit terhadap implementasi kegiatan KLA di Minahasa.

“Selain itu, pelantikan gugus tugas ini merupakan cerminan dari komitmen untuk menciptskan lingkungan yang kondusif bagi pertumubuhan, perlindungan, dan partispasi penuh anak-anak dalsm setiap aspek kehidupan. Olehnya, kegiatan yang kita lakukan ini memiliki makna sangat penting bagi masa depan anak-anak kita, dan kemajuan Kabupaten Munahasa secara keseluruhan,” kata Tanor.

Adapun susunan Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak yang dikukuhkan berdasarkan SK Bupati Minahasa Nomor 44 Tahun 2024 ini, antara lain, Sekda Dr. Lynda Deasy Watania, MM, MSi sebagai Ketua, Kepala Bapelitbangdan Philip Siwi, SE Wakil Ketua, Plt. Kepala Dinas PPPA Agustivo Tumundo Sekretaris, Inspektur Daerah Maudy Lontaan, S.Sos Koord Kelembagaan, Kadis Dukcapil Meidy Rengkuan, SH, MAP Koord Klaster I, Kadis PPKB Dra. Meita Aguw, Koord Klaster II, Kadis Kesehatan dr. Olviane Rattu, MKes Koord Klaster III, Kadis Pendidikan Tommy Wuwungan, SPd, MM Koord Klaster IV, dan Kadis Sosial dr. Maya Rambitan, MKes, Koord Klaster V, serta para Kepala Perangkat Daerah, Kabag dan Camat sebagai Anggota Klaster.

“Atas nama Pemkab Minahasa dan selaku Penjabat Bupati Minahasa memberikan apresiasi dan mengucapkan selamat mengikuti kegiatan evaluasi KLA Tahiun 2024, guna memberikan penguatan dan pengembangan lembaga layanan bagi anak yang memerlukan perlindungan khusus dan menciptakan lingkungan yang aman, inklusif, dan berkualitas bagi anak-anak kita,” ungkapnya.

Dijelaskan Tanor, evaluasi ini menjadi momen bagi kita untuk meninjau kembali langkah-langkah yang telah diambil, mengidentifikasi keberhasilan yang telah dicapai, serta menemukan area-area dimana kita masih perlu meningkatkan uapaya dalam mewujudkan kabupaten layak anak di Minahasa.

“Salah satu fokus utama evaluasi dilakanakan ini adalah penguatan dan pengembangan lembaga layanan bagi anak yang memerlukan perlindungan khusus. Dimana anak-anak dengan kebutuhan khusus merupakan salah satu perhatian Pemkab Minahasa, sehingga kita memiliki tanggung jawab moral dam sosial untuk memastikan bahwa setiap anak yang memerlukan perlindungan khusus mendapatkan perhatian, dan dukungan yang mereka butuhkan,” jelasnya

Pelaksanaan evaluasi ini, kata Tanor, bertujuan untuk meninjau kembali program-program yang telah kita implementasi dan mengevaluasi keefektifannya, sehingga kegiatan ini diharapkan akan merumuskan langkah-langkah konkrit untuk meningkatkan kualitas layanan, aksesibilitas, dan inklusivitas bagi anak-anak.

“Didasari bahwa kita telah menciptakan kemajuan yang signifikan, dalam upaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi anak-anak di Kabupaten Minahsa. Namun, perjalanan ini masih panjang, karena masih terus bekerja keras untuk memastikan setiap anak memiliki kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang secara optimal,” ungkapnya.

“Untuk itu, saya mengajak kita semua berkomitmen dalam upaya dan menjadikan evaluasi saat ini sebagai momentum untuk menyatukam gagasan kita, memperbaiki kelemahan dan menguatkan keberhasilam yang telah kita raih,” tandasnya. (rom)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *