Babinsa Ingatkan Warga Tetap Waspada Dengan Cuaca Ekstrim

SITARO.Identitasnews.id – Melalui rutinitas Komsos di wilayah binaan, Babinsa Jajaran Kodim 1301/Sangihe terus menghimbau kepada warga untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi cuaca ekstrim yang terjadi, seperti dilakukan oleh Serda Riswanto Janis anggota Babinsa Koramil 1301-01/Tagulandang yang melaksanakan komsos bersama Sunda Daruwu, salah satu warga Desa Dalinsaheng Kecamatan Biaro Kabupaten Kepulauan Sitaro, Selasa (26/01/2021).

Kondisi cuaca yang berubah ubah yang terjadi pada awal tahun dan mengakibatkan potensi banjir serta tanah longsor, personil Babinsa Jajaran Kodim 1301/Sangihe terus mengoptimalkan pelaksanaan komsosnya ,untuk mengantisipasi dan mengingatkan warga agar lebih waspada dengan kondisi alam saat ini. Dalam cuaca yang ekstrem dan berubah ubah ini banyak menimbulkan berbagai musibah yang terjadi, seperti halnya banjir, tanah longsor dan banyak terjadinya pohon yang tumbang, karena curah hujan tinggi disertai angin kencang serta gelombang yang kuat di wilayah Kabupaten Kepulauan Sitaro.

“Kejadian alam ini memang tidak bisa kita cegah, namun setidaknya kita dapat meminimalisir jatuhnya korban melalui kewaspadaan dan antisipasi, yaitu dengan melakukan pembersihan sungai maupun selokan, agar dapat mengalirkan air dengan baik dan mengimbau warga yang tinggal di lereng maupun bantaran sungai agar lebih berhati-hati atau mengungsi ke tempat yang lebih aman,” ujar Babinsa.

“Sebagai Babinsa Saya mempunyai tugas dan tanggung jawab melindungi keselamatan warga, semoga dengan himbauan ini dapat menggugah kesadaran warga dalam menjaga kebersihan lingkungan, terutama sungai maupun selokan karena fungsinya sangat besar untuk mencegah banjir. Saya juga menyampaikan kepada warga, bila terjadi perkembangan situasi untuk segera melapor ke kami, aparat desa maupun polsek agar dapat segera diambil langkah cepat untuk menanganinya,” pungkasnya.(jl)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *