Buka Ketahanan Keluarga, Ketua Rita: Perkawinan Usia Dini, Rentan Masalah Kesehatan dan Ekonomi

Sulut, identitasnews.id – Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Utara Ir Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan membuka kegiatan Sosialisasi Ketahanan Keluarga dan Pencegahan Perkawinan Usia Anak, bertempat Erbido Hills, Tondano Timur, Kabupaten Minahasa, Selasa (11/06/2024).

Ketua Rita dalam sambutannya, mengingatkan tentang perkawinan di usia dini, yang akan berdampak pada terhenti jenjang pendidikannya, rentan masalah kesehatan reproduksi serta akan menghadapi kesulitan dalam mencapai stabilitas ekonomi.

“Oleh karena itu hal ini menjadi peran kita semua dalam memberikan pemahaman dan sosialisasi mengenai dampak-dampak yang negatif ini sangatlah penting dimana TP-PKK sebagai mitra strategis pemerintah memiliki hal yang vital dalam mendukung program-program pemberdayaan keluarga dan Perlindungan Anak,” ujarnya

Ketua Rita menuturkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan perkawinan usia dini serta untuk lebih memperkuat ketahanan keluarga.

Menurut Istri tercinta Gubernur Sulut, Olly Dondokambey itu, acara ini juga menjadi wadah untuk berdiskusi bertukar pengalaman dan mencari solusi bersama dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada.

“Saya mengajak seluruh jajaran tim penggerak PKK yang ada di tingkat Kabupaten maupun Kecamatan lebih khusus yang ada di Kabupaten Minahasa sebanyak 25 Kecamatan untuk berperan aktif dalam memberikan edukasi dan pendampingan kepada masyarakat khususnya kepada orang tua dan remaja,” harapnya.

“Mari kita bersama-sama menciptakan Lingkungan yang kondusif bagi tumbuh kembang anak-anak kita serta memastikan mereka mendapatkan pendidikan yang layak dan lindungi mereka dari berbagi bentuk kekerasan dan eksploitasi,” tambahnya.

Rita Tamuntuan juga menyebutkan peran tokoh-tokoh agama dan tokoh masyarakat sangat penting dalam menyampaikan pesan-pesan moral dan etika yang mendukung upaya pencegahan dan perkawinan dini.

“Semoga kita semua dapat Bersinergi dan bekerja sama dalam menciptakan keluarga yang harmonis, sejahtera dan berdaya untuk masyarakat Sulut,” tandasnya.

Hadir dalam kesempatan ini Wakil Ketua TP-PKK Sulut dr. Devi Kartika Kandouw-Tanos, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sulut Wanda Musu, SE,ME serta segenap kepala Dinas yang ada di Kabupaten Minahasa.(*/akm)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *