Di Graduation SMK Kristen Kawangkoan, Pangkey Berpesan Mohon Jangan Dulu Menikah

KAWANGKOAN, identitasnews.id – Penamatan atau Graduation Selebration digelar juga oleh SMK Kristen Kawangkoan, hari ini Rabu (15/4/2025) di halaman sekolah.

Graduation diawali dengan ibadah syukur yang dipimpin oleh Pdt Faune Ponamon S.Th. Seluruh tamatan mengenakan setelan jas untuk pria dan kebaya untuk wanita.

Isak tangis mewarnai penamatan yang diikuti oleh siswa kelas 12 berjumlah 71 siswa, para guru dan orang tua.
Sedih karena akan berpisah, setelah kurang lebih tiga tahun menjalani masa pendidikan. Hingga cucuran air mata tak bisa terbendung dari siswa maupun para guru.

Kepala Sekolah SMK Kristen Kawangkoan Steve Pangkey S.Pd M.Pd, mengatakan kelulusan ini merupakan anugerah dan berkat Tuhan bagi kita semua. Seperti halnya ada pepatah dimana ada pertemuan disitu ada perpisahaan, itulah kata yang menggambarkan acara kita hari ini. Padahal menurut penuturan Pangkey dirinya baru beberapa bulan berada di sekolah ini, dan perpisahan akhirnya juga memisahkan kita.

” Tiga tahun kalian di bina, di didik dan diatur dan hari ini kita akan berpisah.
Mudah-mudahan saja ilmu yang didapat paling tidak dapat diaplikasikan dalam dunia kerja atau dunia kuliah.
Dan yang paling penting saya minta komitmen yang sudah kita ucapkan yakni jangan dulu ada yang menikah. Sebab didepan kita masih banyak yang harus kita perjuangkan baik masa depan kita maupun kebahagiaan orang tua kita,” pinta Pangkey.

Pangkey kemudian meminta, meluapkan kegembiraan jangan berlebihan, ada tradisi yang baik dari senior yang bisa kita teruskan yakni berlaku lebih sopan saat kita merayakan kesuksesan kita. Selama ini yang terjadi justru membahayakan keselamatan siswa, dan tidak sedikit yang menjadi korban, karena itu hindari kegiatan yang sebenarnya tak perlu itu.

“Sekolah melarang keras melakukan euforia konvoi, tidak ada manfaat yang bisa dipetik lewat hal-hal demikian, malahan seringkali menjadi bencana seperti yang kita saksikan selama ini. Kemudian jangan coret-coret seragam, sebaiknya diberikan kepada adik kelas agar bisa digunakan,” harapnya.

Selanjutnya, Pangkey menegaskan Graduation Selebration ini didedikasikan untuk orang tua kita. Orang tua memiliki peran yang sangat besar hingga kita bisa seperti ini. Kita bahagiakan orang tua, Ingatlah kebaikan orang tua kita, sayangilah orang tua. Angkatlah harkat dan martabat orang tua, banggakan orang tua.

Selain itu acara ini juga kita dedikasikan untuk guru-guru kita. Dengan rela dan tulus mereka memberikan ilmu kepada kalian, Jangan lupakan sekolah ini, apalagi jika kelak anda berhasil.

” Selamat melangkah, bawalah almamater sekolah ini di dadamu dan jadilah penyambung lidah untuk mempromosikan sekolah ini kepada siapapun. Kembali membangun sekolah ini kelak ada sukses. Ingatlah bahwa ada orang tua yang telah mengantar anda menuju pada kesuksesan ini, serta sadarilah bahwa anda sukses hari dan kelak nanti berkat tangan dingin para guru yang selalu ada mendidik dan membimbingmu,” tukas Pangkey.

Akhirnya selaku Kepala Sekolah, saya memohon maaf jika ada kekurangan dan kealpaan selama kalian menempuh ilmu di sekolah ini. Kejarlah cita-cita mu setinggi langit, pasti Tuhan akan menolong dan memberkati kalian semua, amin.

Dibagian akhir Graduation, dilakukan pengalungan tanda kelulusan dan penyerahan ijazah oleh Kepala Sekolah dan para guru.

Turut hadir Pengawas SMA SMK, Ketua Komite Sekolah, para guru dan tata usaha, orang tua siswa dan undangan. (rom)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *