Hadiri Rakornas Persiapan Pengadaan ASN TA 2024, Tamuntuan Terima SK

SANGIHE.Identitasnews.id – Saat menghadiri Rapat Koordinasi (Rakornas) Persiapan Pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2024 bertempat di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe dr. Rinny Tamuntuan menerima Surat Keputusan (SK) dari Kementerian PANRB terkait penetapan kebutuhan ASN Tahun Anggaran (TA) 2024 untuk lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe, Kamis (14/03/2024).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan beberapa prioritas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk memenuhi kebutuhan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024. Salah satunya adalah fresh graduate yang memiliki kemampuan digital menjadi salah satu sasaran SDM yang akan direkrut pada seleksi CASN pada tahun ini.

“Saat ini, Kementerian PANRB telah menerima usulan kebutuhan ASN dari berbagai instansi pusat dan daerah sebanyak 1,38 juta dan sudah ditetapkan formasinya sebanyak 1,28 juta untuk memenuhi kebutuhan ASN secara nasional sebanyak 2,3 juta secara bertahap. ASN yang dimaksud terdiri atas dua kategori, yaitu CPNS yang bisa di lamar oleh fresh graduate serta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang diperuntukkan bagi tenaga non ASN dan eks THK-2 yang telah masuk basis data Badan Kepegawaian Negara (BKN)”, kata Menteri Azwar Anas.

Menteri PAN-RB juga mengatakan bahwa bahwa pemerintah menyiapkan ASN talenta digital dari kalangan fresh graduate yang akan menjadi akselerator mesin birokasi dan pelayanan publik. Dimana arah kebijakan rekrutmen ASN talenta digital didesain berdampak mengakselerasi ekonomi lokal dan nasional, mulai digitalisasi sektor pertanian, perindustrian, pariwisata, produksi UMKM, perdagangan dan sebagainya.

Selain talenta digital, Menteri Anas juga menyampaikan prioritas pemenuhan SDM di bidang Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan pemenuhan SDM untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sementara itu, Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe dr. Rinny Tamuntuan selalu Pejabat Pembina Kepegawaian menyatakan bahwa Rakornas tersebut sangat penting karena merupakan agenda strategis kepentingan Daerah yang telah membahas persiapan pengadaan ASN tahun anggaran 2024.

Sekalipun sudah menerima SK Menteri PAN-RB tentang penetapan kebutuhan pegawai ASN di lingkungan instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe tahun anggaran 2024, namun kami belum bisa menyampaikan berapa banyak persetujuan untuk jumlah ASN yang akan diterima karena masih ada pentahapan dengan Badan Kepegawaian Negara, ujar Tamuntuan.

Dalam Rakornas tersebut, Penjabat Bupati dr. Rinny Tamuntuan didampingi oleh Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSRMD) Kabupaten Kepulauan Sangihe Stephany Koloay.(jl)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *