DIPIMPIN HUKUM TUA TANDAJU, PINABETENGAN UTARA GELAR PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING

TOMPASO, identitasnews.id – Desa Pinabetengan Utara Kecamatan Tompaso Barat dibawah kepemimpinan Hukum Tua Hendra Ch Tandaju SE AK pertegas komitmen pemberantasan stunting. Dengan menggelar kegiatan Percepatan Penurunan Stunting dan Percepatan Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting, Kamis (27/6/2024) di Kantor Desa Pinabetengan Utara.

Tandaju mengatakan Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang lama, terutama pada periode seribu hari pertama kehidupan.

“Program pencegehan dan penurunan stunting menjadi salah satu prioritas pembangunan nasional, di Desa Pinabetengan Utara mengambil langkah-langkah strategis untuk mengatasinya dengan melakukan intervensi berupa penimbangan seluruh bayi yang ada di Pinabetengan Utara.

” Semua bayi berjumlah 86 bayi telah ditimbang dalam kegiatan Posyandu, dan ada bayi yang langsung dikunjungi oleh tim percepatan penurunan stunting ,” tuturnya.

Tandaju juga mengatakan pihaknya bersama dengan tim akan terus mengevaluasi kemajuan yang telah dicapai, dan mengidentifikasi tantangan serta solusi untuk meningkatkan efektivitas intervensi kita sehingga penurunan stunting memerlukan upaya yang terkoordinasi dan berkesinambungan.

” Yang tak kalah penting adalah penguatan data dan sistem informasi karena dengan data yang akurat dan terkini sangat penting untuk memantau perkembangan dan mengevaluasi program.
Selain itu adalah peningkatan kapasitas tenaga kesehatan dan kader tenaga kesehatan dan kader posyandu adalah ujung tombak dalam pencegahan dan penanganan stunting serta dapat berkolaborasi lintas sektor ,” tegas Tandaju.

Stunting bukan hanya masalah kesehatan, tetapi juga terkait dengan faktor-faktor sosial, ekonomi, dan lingkungan, untuk itu kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat sangat penting dalam pencegahan stunting sehingga edukasi mengenai pentingnya asupan gizi yang baik, praktik pengasuhan yang benar, serta pola hidup sehat harus terus digalakkan. (rom)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *