Jambore Kader PKK Sulut, Gubernur Olly Canangkan Gerakan Stop Boros Pangan

Sulut, identitasnews.id – Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Prof DR (HC) Olly Dondokambey mencanangkan gerakan stop boros pangan di sela-sela kegiatan Jambore Kader PKK Provinsi Sulut Tahun 2023, di Aula Mapalus Kantor Gubernur Provinsi Sulut, Kamis (23/11/2023).

Gubernur Olly menyatakan, atas nama pemerintah Provinsi Sulut mengucapkan selamat kepada kader PKK dari kabupaten/kota yang telah berinisiasi melaksanakan kegiatan Jambore Kader PKK dan pencanangan gerakan stop boros pangan.

“Stop boros pangan dapat dilakukan secara bersama-sama. Kami berharap kader PKK menjadi pelopor gerakan hemat pangan. Ini juga menjadi momentum untuk mengajak masyarakat,” ungkap Olly.

Menurut Gubernur Olly, ibu-ibu lebih tahu urusan rumah tangga. Karena manfaatnya sangat terasa sekali kalau kita lakukan penghematan pemborosan pangan.

“Kita bisa lihat kalau kita makan masih ada sisa banyak, masak terlalu banyak sehingga terjadi pemborosan. Inikan salah, karena kebutuhan pangan yang kita butuhkan banyak,” jelasnya.

Gubernur Olly juga menjelaskan bahwa El Nino menyebabkan kekurangan produk pangan. Sehingga pemerintah mencetuskan program ini.

“Dengan kita lakukan penghematan akan meningkatkan penghasilan dan penghematan devisa negara karena tidak impor beras, bawang putih dan lain-lain,” urainya.

Gubernur pun mengajak masyarakat jaga kedaulatan pangan di Sulut dan menjadikan halaman rumah sebagai media untuk bercocok tanam.

“Dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami kebutuhan pangan sehingga bisa memenuhi kebutuhan sendiri,” harapnya.

Sebelumnya juga dilakukan pelantikan Bunda Literasi Kabupaten/Kota yang dilakukan Ketua TP PKK Provinsi Sulut Rita Tamuntuan yang juga menjabat Bunda Literasi Sulut.

Turut hadir Ketua TP PKK Provinsi Sulut Rita Dondokambey-Tamuntuan, Sekprov Sulut Steve Kepel, pejabat Pemprov Sulut dan kader PKK dari kabupaten/kota se-Sulut.(*/mvr)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *