KADIS JOHNY SUWU TURUNKAN ALAT BERAT, WALI DAN WAWALI CEK NORMALISASI KUALA TIKALA

Manado,identitasnews.id- Menindaklanjuti arahan Wali Kota Andrei Angouw dan Wakil Wali Kota Richard Sualang untuk penanganan banjir di Kompleks Lapangan Sparta Tikala, Pelaksana Tugas (plt) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Johny R Suwu ST turunkan alat berat.

Alat jenis exavator diturunkan di Kuala (Sungai Tiakala) untuk normalisasi dengan mengeruk material yang selama ini mengalami pendangkalan hingga air meluap.

Nah, untuk mengecek kesekian kalinya, Walikota Andrei Angouw dan Wawali Sualang didampingi Sekkot Micler CS Lakat dan Kadis PUPR Johny R Suwu turun lapangan melihat situasi dan kondisi anak sungai dan parit sepanjang depan Kantor Satpol PP hingga belakang Kantor Walikota, Rabu (21/07/2021).

Walikota bersama rombongan melihat langsung proses pembersihan dan pengerukan serta pelebaran sungai yang sedang dilakukan.

Sebab, sudah menjadi pemandangan setiap hujan deraa, lokasi ini sering terjadi luapan air ke jalan sampai pom bensin hingga ke Lapangan Sparta Tikala.

Kunjungan hari ini adalah lanjutan dari kunjungan-kunjungan sebelumnya Walikota yang mana saat itu Walikota Manado meninjau beberapa tempat dan lokasi jalan yang tergenang air.

“Hujan berjam-jam membuat beberapa jalan di;sekitar ini terjadi genangan air bahkan berimbas pada jalan-jalan sepanjang anak sungai ini aliri,” ujar Walikota.

Makanya kata dia, setelah dilihat berkali-kali, dianalisa mengapa air meluap kebjalan, sumbernya dari mana dan faktor-faktor penyebab lainnya.

“Dari hasil kunjungan lapangan ini sangat jelas bahwa sebagian besar saluran air terutama parit dan drainase tidak mampu lagi menampung debet air yang cukup besar. Selain parit dan anak sungai mengecil, juga disebabkan drainase dan parit-parit dipenuhi banyak sampah,” bebernya.

“Pak Kadis, hasil di lapangan ini tentunya menjadi bagian kajian dan analisa dalam rangka pembuatan program penanggulangan banjir ke depan, ya,” ujar Walikota kepada Kadis PUPR.

(sted/idn)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *