Kebutuhan Terpenuhi, Pantarlih Tomohon Segera Dilantik

Tomohon identitasnews.id- Tahapan seleksi calon anggota Pantarlih telah selesai. Tidak lama lagi, ke-312 Pantarlih akan ditetapkan dan dilantik.

Demikian Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia Komisi Pemilihan Umum KPU Kota Tomohon, Rojer Rafael Datu SSos kepada sejumlah media, Jumat (21/6/2024).

“Untuk kebutuhan tenaga Pantarlih sudah terpenuhi. Nanti, penetapan anggota Pantarlih dilaksanakan tanggal 23 Juni 2024. Selanjutnya, mereka (Pantarlih, red) akan dilantik di Auditorium Universitas Sam Ratulangi Manado sekaligus dengan Apel Akbar Kesiapan Pelaksanaan Coklit se-Provinsi Sulawesi Utara,” ungkap Datu.

Kebutuhan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di kota Tomohon sudah terpenuhi. Seleksi yang dibuka sejak 13 Juni 2024 menghimpun pendaftar sebanyak 380 orang. Sementara, jumlah kebutuhan untuk melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih sebanyak 312 anggota Pantarlih.

Dijelaskan Rojer, di Tomohon terdapat 156 tempat pemungutan suara (TPS) dengan jumlah pemilih masing-masing lebih dari 400 orang. Sementara, satu TPS butuh 2 tenaga Pantarlih untuk melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih.

“Anggota Pantarlih akan dibekali terlebih dahulu dalam bimbingan teknis tentang mekanisme Coklit, tanggal 23 Juni 2024. Harus Coklit secara faktual, yaitu Pantarlih wajib mendatangi rumah setiap pemilih sesuai data per TPS. Adapun jumlah daftar pemilih tetap (DPT) kota Tomohon saat ini masih di angka 78022 orang. Jumlah DPT ini dipastikan akan berubah pasca pelaksanaan Coklit usai,” urainya.

Ia menambahkan tanggal 24 Juni 2024, usai Pantarlih dilantik, bersama-sama langsung melakukan Coklit perdana. “Untuk perdananya, kami akan melaksanakan Coklit kepada jajaran forum komunikasi pimpinan daerah dan tokoh masyarakat,” tandas Rojer.(Echa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *