Kodim 1301/Sangihe Gelar Latsar Bagi Menwa Polnustar

SANGIHE.Identitasnews.id – Kodim 1301/Sangihe menggelar Pelatihan Dasar Resimen Mahasiswa Polnustar Batalyon 175 angkatan ke XII TA. 2021. Kegiatan tersebut di awali dengan upacara pembukaan yang di pimpin langsung oleh Dandim 1301/Sangihe Letkol Arm Lukas Meinardo Sormin, S.I.P, M.I.Pol di lapangan Upacara Kodim 1301/Sangihe Jl. Tatehe Kelurahan Bungalawang Kecamatan Tahuna, Senin, (13/12/2021).

Pembentukan Resimen Mahasiswa yang merupakan salah satu komponen pendukung sebagai kekuatan sipil, untuk mewujudkan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) guna menjaga kedaulatan NKRI. Para mahasiswa yang telah resmi di latih akan bergabung dengan Batalyon Menwa yang bermarkas di perguruan tinggi.

Pelatihan Dasar Menwa yang di gelar Kodim 1301/Sangihe bertujuan untuk memberikan pelatihan secara akademik maupun terampil dalam olah keprajuritan, sesuai dengan Panca Dharma Setya Resimen Mahasiswa dengan tekat pendiriannya tetap mengaktualisasikan eksitensinya sebagai wadah kebangsaan dalam rangka Bela Negara.

Saat ini Kodim 1301/Sangihe melatih 19 Mahasiswa Politeknik Negeri Nusa Utara, di antaranya 6 Laki-laki dan 13 perempuan, yang akan mengikuti pelatihan dasar Militer secara teori maupun praktek yang di berikan oleh Pelatih dari personil Kodim 1301/Sangihe.

Dandim 1301/Sangihe Letkol Arm Lukas Meinardo Sormin, S.I.P, M.I.Pol dalam amanatnya menyampaikan bahwa kegiatan Latihan Dasar Militer ini mempunyai nilai yang sangat positif, untuk memperdalam rasa nasionalisme dan patriotisme para generasi penerus Bangsa kita, dan ini merupakan agenda rutin yang di laksanakan oleh Politeknik Negeri Nusa Utara (Polnustar) bekerja sama dengan Kodim 1301/Sangihe setiap tahun, dan untuk pelatihan menwa kali ini merupakan angkatan ke – XII. Tugas Menwa nantinya akan menjadi lini utama setelah TNI, untuk itu latihan dasar Militer sangat penting di berikan.

Pendidikan Menwa ini di dasari oleh keputusan bersama antara Menhan, Mendiknas, Mendagri dan Menpora untuk membina para mahasiswa sebagai generasi muda yang merupakan bagian dari kekuatan Sishankamrata, agar mempunyai rasa cinta tanah air dan berwawasan kebangsaan serta mempunyai jiwa persatuan dan kesatuan yang kuat, dalam upaya pembelaan terhadap Negara dan Bangsa Indonesia.

“Kepada para siswa Menwa di harapkan dapat mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, untuk membekali diri dalam hal Bela Negara yang nantinya dapat di implementasikan melalui penegakan disiplin di lingkungan kampus. Terakhir perhatikan faktor keamanan baik untuk para peserta, pelatih dan pendukung,” tutup Dandim.(jl)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *