KPU Lantik 30 PPK Se-Bolmut

BOLMUT, IdentitasNews.Id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melantik sedikitnya 30 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024 yang tersebar di enam Kecamatan bertempat di Sutan Raja hotel Kamis,(16/05).

Sebelumnya, 30 nama PPK ditetapkan dan diputuskan melalui rapat pleno Rabu 15/5/2024. Dalam sambutannya, ketua KPU Bolmut Zamaludin Djuka mengatakan, PPK merupakan ujung tombak KPU dalam menjalankan seluruh tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) ditingkat kecamatan dalam mensukseskan seluruh tahapan penyelenggaraan Pilkada Bolmut.

” PPK merupakan jabatan strategis demi mensukseskan Pilkada. Jabatan ini juga adalah amanah yang serta tanggung jawab besar yang harus dijalankan demi suksesnya penyelenggaraan Pilkada,” kata Djuka.

Lebih lanjut Ketua KPU bolmut Zamaludin Djuka mengingatkam kepada PPK terpilih untuk bekerja maksimal dalam menjalankan tugasnya serta memperhatikan aturan-aturan penyelenggara pemilu ditingkat kecamatan.

“Kami ucapkan selamat kepada PPK terpilih. Dalam menjalankan tugasnya, PPK wajib menjunjung tinggi kode etik/kode perilaku serta menjaga integritasya, demi untuk menciptakan pemilu yang berkualitas,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih SDM dan Partisipasi Masyarakat Firman Stion menjelaskan tentang perekrutan PPK ini
berdasarkan PKPU Nomor : 2 Tahun 2024, tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati. Ditindaklanjuti dengan Keputusan KPU RI Nomor : 476 Tahun 2022 tentang Pedoman Teknis Pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Anggota PPK yang dilantik pada hari ini telah mengikuti seleksi berdasarkan tahapan perekrutan secara terbuka dienam kecamatan di Kabupaten bolmut dan ditetapkan pada Surat Keputusan KPU Bolmut Nmor : 291/PP.04.2-Pu/7108/2024,” tuturnya.

Firman Stion menambahkan, saat ini KPU Bolmut masih menjalankan tahapnnya, yakni merekrut penyelenggara di tingkat desa atau PPS. “Sama seperti perkruttan PPK, KPU Bolmut saat ini sementara dalam seleksi terbuka perekrutan PPS untuk mencari penyelenggara di tingkat Desa,” tutupnya.

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan surat keputusan, pengambilan sumpah janji, kode etik/kode perilaku dan penandatanganan pakta integritas dan dihadiri oleh komisioner KPU Sulawesi Utara Awaludin Umbola, Anggota Bawaslu Bolmut Rizki Posangi, serta sekertaris KPU Bolmut Chylvia Chendy Sondakh. Pelantikan PPK dilanjutkan dengan Orientasi Tugas serta Bimbingan Tekhnis selama 2 hari. (FAM)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *