Maringka Wakili Bupati, Launching Media Pendidikan Digital Terintegrasi

TONDANO, identitasnews.id – Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Drs Riviva Maringka M.Si, mewakil Bupati Minahasa Melaunching Media Pendidikan Digital Terintegrasi dan Kick Off Transformasi
Digital Pendidikan Kabupaten Minahasa Tahun 2024, di ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa, Senin (22/1/2024).

Kepala Dinas Pendidikan Tommy Wuwungan S.Pd MM, saat menyampaikan laporan mengatakan, Pendidikan Digital merupakan hal yang penting dan ini diinisiasi oleh Menteri Pendidikan RI. Digitalisasi pendidikan di Minahasa sudah dimulai sejak Kadis Pendidikan yang dijabat oleh Drs Riviva Maringka M.Si, lewat Pelayanan Digital Kabos.

Dimasa Pandemi, penggunaan pendidikan Digitalisasi mulai nampak hingga saat ini.

” Media pendidikqn digital di Minahasa sudah terintegrasi pada TK, KB dan PKB dan SKB serta SD dan SMP.
Dan seluruh sekolah diharapkan memanfaatkan fitur-fitur pendidikan ini, sehingga pada April nanti semua sekolah sudah memanfaatkan sistem pendidikan ini termasuk absensi siswa,” ujar Wuwungan.

Media pendidikan digital menjadi salah saty kunci dalam rangkah meningkatkan kualitas pendidikan.
Kita semua sedang berupaya Memordenisasikan sistem pendidikan di Minahasa sehingga angka kualitas pendidikan di Minahasa naik.

Selanjutnya Asisten Pemerintahan dan Kesra atas nama Bupati Minahasa Drs Riviva Maringka M.Si, mengatakan Minahasa mengalami lompatan yang sangat tinggi dalam peningkatan kualitas pendidikan di Minahasa melalui sistem digitalisasi.

Menurutnya ini menjadi bagian penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di Minahasa.
” Teknologi informasi bergerak dengan cepat termasuk pengembangan AI.
Anti teknologi berarti kita berada di situasi yang tidak menghendaki suatu kemajuan ,” tutur Maringka.

Menurutnya kualitas guru jika tidak ditambah maka menjadi bahaya oleh karena adanya AI.

Proses pengajaran digital memang di pengaruhi oleh pandemi Covid 19. Namun ini menjadi kesempatan untuk bertranformasi dengan situasi dalam rangkah peningkatakan kualitas pendidikan.

Lanjutnya, Pemerintah memang menyadari penyediaan fasilitas pendidikan sangat kurang, namun disisi lain ketersedian SDM yang mengoperasikan sistem digital yang harus ditingkatkan.
” Karena itu baik guru maupun tenaga teknis yang bertugas mengoperasikan media digital harus menjadi prioritas peningkatkan kualitas. Ini menjadi sebuah perhatian bagi kita semua sebab hal-hal inilah yang akan meningkatkan kualitas pendidikan di daerah ini,” tegasnya.

Karena itu Maringka memohon kepada seluruh tenaga pendidikan didaerah ini untuk mampu menjawab tantangan ini. Digitalisasi pendidikan harus mampu diikuti dengan kemampuan kita untuk memanfaatkan teknologi ini,” tukasnya.

Usai membawakan sambutan, Maringka didampingi Kadis Pendidikan kemudian menekan tombol sebagai tanda launching program andalan Dinas Pendidikan Minahasa ini, disaksikan pengawas, pengurus MKKS dan sejumlah Kepala Sekolah SD dan SMP. (rom)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *