Minahasa Cari Sekda, 6 Kandidat Mengemuka, Maringka Paling Berpeluang

TONDANO, identitasnews.ud – Usai membuat gebrakan diawal tahun 2023 dengan merombak kabinet. Kini Bupati dan Wakil Bupati Minahasa, Royke Oktavian Roring-Robby Dondokambey (ROR-RD) dengan resmi membuka lelang jabatan sekretaris daerah (Sekda).

Pasalnya Sekda saat ini Frits Muntu S.Sos, terhitung 1 Maret 2023 memasuki masa pensiun. Artinya mulai dari sekarang ini siapa pejabat yang bakal menggantikan Muntu mulai dipersiapkan melalui mekanisme lelang sebagaimana yang diatur.
” Menghindari kekosongan jabatan Sekda, maka harus segera dilakukan lelang jabatan ,” ujar Bupati, Kamis (5/01/2023).

Lelang jabatan ini didasarkan pada surat pengumuman nomor 4/Pansel-JPT/1/2023 dan surat KASN
tertanggal 14 Desember 2022 perihal rekomendasi rencana seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama Sekda, dengan membuka kesempatan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Propinsi Sulawesi Utara dan PNS di lingkungan Kabupaten/Kota bisa mendaftarkan diri sesuai dengan persyaratan.

Merujuk pada surat tersebut maka sesuai tahapan, pendaftaran lelang jabatan Sekda dibuka 4 sampai 10 Januari 2023, tes wawancara 18 Januari, dan pengumuman hasil tes 19 Januari 2023.

Ada beberapa persyaratan khusus, umum dan administratif ditetapkan dalam proses seleksi. Salah satu syarat khusus bisa mengikuti seleksi jabatan eselon II A (sekda) diantaranya, memiliki pengalaman jabatan yang terkait dalam bidang tugas jabatan pimpinan tinggi pratama atau lima menjabat eselon dua. Sedangkan syarat umum lainya adalah usia maksimal 56 tahun saat dilantik.

Pernyataan kemudian mengemuka siapa pejabat internal Pemkab Minahasa yang sesuai persyaratan tersebut bisa mendaftar dan berpeluang menduduki jabatan prestisius itu.

Berdasarkan data yang dihimpun identitasnews id ada 6 pejabat yang memenuhi syarat khusus alias telah lebih lima tahun memegang jabatan eselon II B. sebut saja Wenny Talumewo (Asisten III), Moudy Lontaan (kepala inspektorat). Ria Suwarno (Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak), Raviva Maringka (Asisten 1), Vicky Tanor (Asisten III) dan staf ahli ekonomi pembagunan, Agustivo Tumundo.

Dengan demikian keenam nama pejabat itu memiliki kans menduduki jabatan Sekda Minahasa. Diketahui mereka-mereka ini dalam segi kepangkatan dan pengalaman sangat layak menjadi Sekda Minahasa.
Hanya saja sesuai dengan pengamatan sejumlah pihak Drs Riviva Maringka M.Si adalah pejabat yang paling berpeluang menduduki jabatan Sekda Minahasa.

” Maringka adalah pejabat yang low profile, punya kemampuan yang sangat cukup, loyal dan nyaris tidak punya catatan negatif. Maringka adalah sosok yang memiliki kapasitas dan harus diakui adalah pejabat karir yang sangat cemerlang. Namun terlepas dari muatan politik, karena jabatan Sekda semi politik bahwa semua bisa berubah sesuai selera penguasa.

” Kalau mau jujur dan sesuai dengan kriteria maka sangat pantas jika Riviva Maringka yang menggantikan Frits Muntu ,” ujar sejumlah pengamat pemerintahan yang namanya tidak mau disebutkan. (rom)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *