Optimis PAD Tercapai. Tulangow Sebut Mantri Pasar Langowan Terus Bekerja Profesional

LANGOWAN, identitasnews.id – Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor perdagangan khususnya dari sektor pasar tradisional terus menjadi perhatian pemerintah. Bahkan sejak di naikkan prosentasinya sejak 2023 lalu, pasar pihak pengelolah Langowan otpmisi bahwa target tersebut dapat tercapai.

Menurut Kepala Pasar Langowan Jani Tulangow, hal yang membuat dirinya optimis target tersebut tercapai adalah kesiapan para mantri pasar untuk menarik retribusi dari pedagang. Menurutnya para mantri selama ini mampu menjembatani kewajibannya dengan para pedagang dengan membangun komunikasi serta hubungan yang baik, sehingga mempermudah pihaknya untuk menarik retribusi apa saja yang telah di tetapkan kepada para pedagang.

” Berkat komunikasi serta hubungan yang baik para mantri dengan pedagang, maka retribusi pasar dengan mudah di tarik dari pedagang,” tutur Jani, Jumat (23/2/2024).

Ditegaskan Tulangow, sikap bijak seperti inilah yang selama ini dijamin oleh para mantri kepada pedagang sehingga para mantri tak perlu sungkan, bahkan sedikit bersikap atau bertindak agar lain dari biasanya. Hubungan yang baik para mantri dan pedagang pasar Langowan ini selalu menjadi pembeda dibanding dengan pasar-pasar tradisional lainnya di Minahasa.

” Tidak sulit bagi kami untuk menempatkan posisi kami di depan para pedagang. Selama ini cara ini kaki lakukan dan ternyata sangat efektif, sehingga pedagang tidak merasa terbeban ketika kami menarik retribusi sebagai kewajibannya. Bagi kami pedagang merupakan elemen yang paling penting di pasar Langowan, karena itu kami selalu menempatkan pedagang sebagai unsur yang paling utama dan penting dalam operasional pasar Langowan,” pungkas Tulangow.

Makanya, Tulangow, menambahkan hubungan yang baik ini antara mantri dan pedagang akan terus di jaga, sebab harus diakui cara seperti ini mampu meningkatkan PAD pasar Langowan.

” Yang paling penting adalah pedagang selalu diperlakukan layaknya raja di pasar Langowan, sebab dengan begitu mereka sangat dihargai dan makin menyadari bahwa kewajiban mereka untuk membayar retribusi akan mampu mendongkrak pendapatan pasar sehingga pasar Langowan terus beroperasi dengan baik ,” pungkas Tulangow. (rom)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *