Pemkab Bolmong Beri Bantuan Melalui BNPB Dan Terima DSP Untuk Penanggulangan Bencana

Bolmong,identitasnews.id-Peran serta Pemerintah daerah kabupaten
bolaang mongondow (Bolmong) untuk membantu pada masyarakat yang terdampak bencana Banjir.
Pemkab bolmong juga mendapat dukungan bantuan Dana Siap Pakai (DSP) Sebesar dua ratus (200) Juta dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). “Adapun Bantuan tersebut untuk biaya operasional penanganan bencana Banjir yang terjadi beberapa hari lalu (Red).

“Selain itu Pemerintah kabupaten Bolmong telah menerima dukungan Logistik beserta peralatan dalam penanganan darurat Bencana banjir,
dan Tanah Longsor antara lain yakni, tenda pengungsi dua (2) Unit, tenda keluarga 100 Unit,dan sembako 300 paket, makanan untuk siap saji ada 300 paket, dan selimut 300 lembar, matras ada 300 lembar, serta kasur lipat ada 100 Unit, bersama pompa Alkon ada 5 Unit, juga Genset ada dua (2) Unit, tambah Volbed ada 50 Unit, beserta Light Tower ada 2 Unit dan Perahu Karet + dengan Mesin 1 Unit.

Kemudian semua atas bantuan ini, telah diterima oleh Pj.Bupati bolmong
dr. Jusnan Calamento Mokoginta, MARS, yang didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Bolmong yakni, Abdullah Mokoginta, SH, M.Si di lokasi Posko Darurat BPBD yang bertempat dihalaman Kantor Camat Dumoga Barat, Sabtu(29 Juni 2024).

“Adapun penyampaian dari Pj.Bupati Bolmong bahwa, untuk keseluruhan atas bencana Banjir yang melanda di daerah Bolmong mulai hari Rabu 26 Juni 2024, tepat pada malam itu juga, kami langsung memerintahkan pada BPBD dan Instansi terkait, termasuk
Camat-camat dan pemerintah Desa untuk melakukan pendataan serta evakuasi bagi warga masyarakat yang rumahnya terendam banjir, agar secepatnya di bantu,”Ucap Bupati.

Bupati bolmong sangat bersyukur karena tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun yang terjadi adalah kerugian materil mulai dari sejumlah rumah masyarakat, serta lahan persawahan yang terendam, dan ternak yang hanyut, bahkan ada satu (1) jembatan yang rusak dan putus dan kerusakan jaringan irigasi,
dan ini sangat berpengaruh atas aliran Air irigasi yang mengalir di persawahan sekitar tiga ratus (300)
Hektar lahan Pertanian. Dan juga perlu di ketahui hal ini merupakan urat nadi, perekonomian masyarakat Bolaang mongondow,”Tutur Bupati
dr.Jusnan C.Mokoginta MARS.

Bupati bolmong dr.Jusnan Calamento Mokoginta MARS, beri ucapa terima kasih Atas bantuan Penanggulangan Bencana yang telah diberikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kepada Pemkab Bolmong, dan ini patut kita semua Syukuri muda-mudahan atas bantuan dari Pemerintah Pusat BNPB bisa bermanfaat bagi masyarakat yang terkena dampak bencana Banjir,” Tandas Bupati bolmong.

“Selain itu, tenaga ahli BNPB Pusat Brigjen TNI. Lukmansyah bersyukur, karena banjir yang cukup besar ini, tidak menelan korban jiwa. Dan ini
terbukti bahwa, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bolmong sudah tanggap bencana,”Ujarnya.

Brigjen TNI Lukmansyah berpesan,
Agar Pemkab Bolmong segera memasukkan permohonan perbaikan fasilitas umum, baik untuk jembatan maupun irigasi yang rusak akibat banjir ke- BNPB Pusat,”Tuturnya.

“Begitu juga kalau ada fasilitas umum, serta jembatan irigasi yang rusak Secepatnya ajukan ke BNPB, nanti BWSS, akan membangun lewat dana dari BNPB, dan jika ada rumah warga yang rusak kita akan bantu,” Tandasnya.

“Selesai penyerahan bantuan, BNPB dan rombongan didampingi Pj Bupati
Bolmong dan jajaran, Pejabat Setda Kabupaten Bolmong pergi meninjau infrastruktur yang rusak akibat musibah banjir.

“Turut hadir dalam kegiatan tersebut Tenaga Ahli BNPB Brigjen TNI Bambang Eko Pratolo, S.E., M.Tr, dan staf BNPB, perwakilan BPBD Provinsi Sulut, para Asisten dan pimpinan OPD Setda Kabupaten Bolmong, TP PKK Bolmong, para Camat-camat dan kades-kades beserta Kapolsek dan Danramil Dumoga Barat.

(Jhon A.Waluyan. Advetorial).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *