Pemkab Bolmong untuk Tim Penilai Lomdeskel Libatkan Lintas OPD

Bolmong,identitasnews.id- Pemkab Bolaang Mongondow (Bolmong) telah melaksanakan penilaian lomba Desa, dan kelurahan melalui Dinas pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) ditingkat kabupaten tahun 2024 Sesuai keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 100.3.1.9-0513 Tahun 2024. Senin (3/6/2024).

“Adapun lomba desa dan kelurahan ini, merupakan salah satu Tahapan dan Evaluasi atas Perkembangan Desa dan Kelurahan sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

Kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD)
Abdussalam Bonde SHi MAP bahwa,
Lomba desa dan kelurahan di tahun
2024 ini, dengan tema mewujudkan masyarakat sejahtera melalui belanja desa dan kelurahan yang berkualitas,”
Ucap kadis DPMD.

Kemudian momen ini diharapkan agar dapat menemukan, mengenali dan mempublikasikan atas berbagai terobosan dan inovasi yang dilakukan oleh desa dan kelurahan,” Ujar Kepala DPMD Bolmong Abdussalam Bonde SHi MAP. Menurutnya, sejak tahun 2023 tahapan Lomba Desa dan Kelurahan mengacu pada pengisian aplikasi website profil desa dan perkembangan desa (Epdeskel dan Prodeskel) yang ditetapkan oleh Mendagri,”Tutur Abdussalam bonde.

”Peserta yang memenuhi syarat dalam mengikuti lomba desa dan krlurahan ditentukan oleh keputusan kemendagri, dan bukan kami di DPMD,” Terang kadis DPMD.

‘Selain itu Kabid Bina Kelembagaan dan Teknologi Tepat Guna (TTG) Wanti Indira Toligaga SAB bahwa, Tim penilai kabupaten terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menangani pemerintahan desa dan kelurahan yakni DPMD, Dinas Kominfo, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, BPBD, Bagian Hukum, dan TP PKK Bolmong,”Tandasnya.

”Tim penilai dari lintas instansi
Kami berharap, pemerintah desa menyiapkan segala komponen yang akan dinilai, agar benar-benar ketika tim memberikan nilai dapat objektif, akuntabel dan bisa dipertanggung jawabkan,”Tandas Wanti Indira Toligaga SAB.

Adapun desa-desa yang memenuhi syarat sebagai peserta lomba desa yakni, Desa Mongkoinit Kecamatan Lolak, Desa Bolaang Satu Kecamatan Bolaang Timur, Desa Mengkang Kecamatan Lolayan, beserta Desa Modomang Kecamatan Dumoga Timur, Desa Werdhi Agung Selatan Kecamatan Dumoga Tengah, Desa Doloduo Dua Kecamatan Dumoga Barat, Desa Mopuya Selatan dan Kecamatan Dumoga Utara, Desa Tapadaka Satu Kecamatan Dumoga Tenggara, dan Desa Otam Kecamatan Passi Barat,”Tutup Kabid Bina Kelembagaan dan Teknologi Tepat Guna (TTG) Wanti Indira Toligaga SAB.

(Jhon A.Waluyan).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *