Pengelolaan Dana Desa, Wagub Kandouw: Penting Untuk Peningkatan SDM dan Pertanian

Sulut, identitasnews.id – Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Drs Steven Kandouw, memberikan arahan dalam bimbingan teknis peningkatan kapasitas aparatur/perangkat desa dalam pengelolaan keuangan desa se-Sulawesi Utara, bertempat di hotel Arya Duta dan hotel Peninsula Manado, Selasa (11/06/2024).

Kegiatan tersebut diatas diprakarsai Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sulut dan Universitas Pembangunan Indonesia.

Wagub Kandouw menekankan dua hal penting yang perlu dikaitkan dengan pengelolaan keuangan desa atau dana desa. Yang pertama peningkatan sumber daya manusia.

Wagub Kandouw mengatakan penduduk Sulawesi Utara tidak sampai 1 persen dari total penduduk Indonesia. Sehingga peningkatan kapasitas dan sumber daya perlu ditingkatkan guna bersaing di era sekarang ini.

“Bagaimana kita mau bersaing. Benang merah dengan visi misi Pak Gubernur yaitu peningkatan sumber daya manusia,” ucapnya.

Dalam peningkatan SDM, pemerintah desa perlu mengidentifikasi dan subsidi anak-anak untuk dapat mengenyam pendidikan, minimal hingga lulus SMA.

“Torang harus punya target satu desa tidak ada lagi yang tidak lulus SMA. Ini cara ampuh untuk meningkatkan taraf hidup anak-anak kita,” tambahnya.

Yang kedua, dalam pengelolaan dana desa perlu juga dimanfaatkan untuk peningkatan sektor pertanian.

Sektor ini terbukti mampu bertahan di berbagai situasi. Buktinya saat pandemi covid 19, usaha di berbagai bidang mengalami penurunan. Yang tidak terpengaruh yakni pertanian, perikanan dan perkebunan.

Terlebih masyarakat Sulawesi Utara memiliki keunggulan dalam hal kepemilikan lahan, yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian.

“Untuk dana desa ini, upayakan untuk pertanian, untuk perikanan,” tandasnya seraya mengingatkan juga tentang penanganan stunting.

Wagub Kandouw mengingatkan para kepala desa dan pejabat terkait untuk mengelola keuangan dengan berintegritas.

Hadir Kepala Dinas PMD Sulut dan jajaran sebagai pelaksana kegiatan, hukum tua dan pengelola keuangan desa se-Sulawesi Utara.(*/akm)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *