Penjabat Bupati Minahasa Ikuti Rakor Kesiapan Pilkada Serentak 2024 di Makasar

TONDANO, identitasnews.id – Penjabat (Pj) Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan penyelenggaraan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024, di Claro Hotel Makasar, Rabu (26/6/2024).

Rakor yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Republik Indonesia ini, menghadirkan kepala daerah di wilayah Sulawesi, Kalimantan dan Maluku.

Saat itu, Menkopolhukam Hadi Tjahjanto membuka Rakor Kesiapan penyelenggaraan Pilkada secara serentak tersebut, disampaikannya kegiatan ini untuk mengupayakan dan mengevaluasi kesiapan setiap daerah dalam menghadapi pesta demokrasi terbesar sepanjang sejarah Bangsa Indonesia.

“Saya berharap, seluruh pihak mampu bersinergi, saling membantu dan berkolaborasi dalam mensukseskan Pilkada serentak tahun 2024 ini,” kata Tjahyanto.

Lanjut diungkapkan Memkopolhukam, langkah strategis yang perlu dilakukan pemerintah daerah dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan, yakni meningkatkan sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah.

“Saya minta kepala daerah agar optimalisasi peran Forkopimda dan pembinaan kerukunan antar suku dan umat beragama, karena kesemuanya itu penting untuk menjaga stabilitas politik, hukum, dan keamanan yang kondusif dan terkendali,” ungkapnya.

Lanjut Menkopolhukan meminta agar koordinasi antara kementerian dan lembaga ditingkatkan, serta optimalisasi fasilitas penyelenggaraan Pilkada 2024 agar dapat berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

“Selain itu, stabilitas politik perlu diupayakan dengan mengedukasi dan mengajak masyarakat agar senantiasa saling menjaga agar situasi tetap kondusif dan aman ditengah perbedaan pilihan,” kuncinya.

Usai sambutan Menkopolhukam, dilanjutkan dengan penyampaian narasumber, seperti Mendagrii Republik Indonesia Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian, Ketua KPU RI Hasyim Asyari, SH, M.Si, Ph.D, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, SH.LL.M, Kabaharkam Polri Komjen Pol.Dr.Mohammad Fadil Imran, M.Si, dan Pangkogabwilhan II Marsdya TNI M. Khairil Lubis.

Usai Rakor terkait kesiapan penyelenggaraan Pilkada tahun 2024, Penjabat Bupati Dr Jemmy Kumendong, M.Si mengatakan kalau di daerahnya telah dilakukan sejumlah langkah dalam persiapan menyambut Pilkada.

“Salah satunya terkait anggaran dana hibah dari Pemkab kepada KPU dan Bawaslu Minahasa. Bahkan, kita sudah membangun komunikasi dengan Forkopimda di daerah,” kata Kumendong.

Selain itu, menurut Kumendong, dirinya selalu menghimbau kepada masyarakat untuk ikut berkontribusi dalam menyalurkan hak pilihnya, karena Pilkada serentak sebentar lagi akan berlangsung.

“Pada setiap kesempatan, saya bahkan seluruh pejabat di jajaran Pemkab Minahasa selalu mengajak masyarakat untuk bersama-sama menciptakan Pilkada yang aman dan kondusif, disamping mengajak masyarakat ikut menyalurkan hak suaranya,” tutup bupati. (rom)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *