Pertama di Minahasa, Bupati Kumendong Launching SAPA Kecamatan Tompaso

TOMPASO, identitasnews.id – Guna mewujudkan pelayanan yang cepat dan tepat serta bisa di diakses dimana saja. Pemerintah Kecamatan Tompaso meluncurkan aplikasi SAPA Kecamatan (sistem aplikasi pelayanan administrasi kecamatan Tompaso) yang secara resmi dilaunching oleh Penjabat Bupati Minahasa Dr Jemmy S Kumendong M.Si, di Agrapana Tompaso, Selasa (10/10/2023) dalam acara kunjungan kerja Bupati Minahasa.

Camat Tompaso Stenly D Umboh SSTP MAP, mengatakan aplikasi SAPA ini dalam rangka mengoptimalkan pelayanan publik, lebih khusus pelayanan administrasi surat menyurat dan pengaduan.

” Pelayanan dapat dilakukan dari rumah saja. Sehingga masyarakat tidak perlu datang ke kantor Camat untuk mendapatkan pelayanan ,” ujar Umboh.

Lanjut Umboh, upaya ini juga dalam rangkah mendukung good governance and clean goverment, juga mewujudkan pelayanan prima yang efektif, efisien dan ekonomis.

” Kami terus menjawab kebutuhan masyarakat dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Masyarakat melalui aplikasi ini mendapatkan kemudahan serta kecepatan pelayanan, dan yang paling utama pelayanan ini bisa dilakukan dimanapun masyarakat berada. Pelayanan lewat aplikasi ini merupakan terobosan pemerintah agar masyarakat mulai terbiasa dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi,” tuturnya.

Menariknya, penerapan pelayanan melalui Aplikasi SAPA Tompaso ini merupakan Kecamatan pertama di Minahasa. Hal ini tentu memiliki nilai yang sangat positif dalam rangkah percepatan pelayanan seperti yang terus didegung-degungkan oleh pemerintah.

” Puji Tuhan, sebab ternyata aplikasi SAPA ini merupakan aplikasi pertama yang diterapkan di Kabupaten Minahasa. Selain aplikasi pelayanan administrasi, aplikasi ini juga melayani adanya pengaduan dari masyarakat ,” tukasnya.

Umboh berharap, masyarakat kecamatan Tompaso dapat memanfaatkan pelayanan lewat aplikasi SAPA dengan baik demi mewujudkan pelayanan yang lebih baik.

Terobosan ini pun mendapat apresiasi dari Penjabat Bupati Dr Jemmy S Kumendong M.Si. Kumendong mengaku bangga dan mengapresiasi atas inovasi dan kreativitas yang terus dilakukan oleh Camat Tompaso dalam mewujudkan pelayanan yang prima, cepat dan tepat. Pelayanan digital ini sangat efektif dan efisien serta ekonomis, sehingga mutlak dimanfaatkan.

” Kami kira ini ide yang sangat kreatif dan cemerlang. Kami pun berharap akan terus lahir ide-ide cemerlang dari pak Camat Tompaso demi Tompaso yang makin maju dan hebat ,” pungkas Kumendong.

Layanan ini dapat di download lewat playstore / appStore, dan adapun contoh pelayanan administrasi yang bisa diperoleh di antaranya surat ijin, surat keterangan, surat rekomendasi, surat pindah datang dan surat lainnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Ny Kumendong Onibala, Asisten 1 Drs Riviva Maringka M.Si yang juga mentor lahirnya aplikasi SAPA, Kadis PU, Kadis Sosial, Kadis Kelautan dan Perikanan, Kadis Lingkungan Hidup, Kadis PMD, Kabag Kerjasama, Kabag Prokopim, ASN, Perangakat Desa. (rom)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *