Petugas dan WBP Lapas Tahuna Lakukan Tes Urine

SANGIHE, identitasnews.id – Dalam rangkah mencegah penyalahgunaan narkoba di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tahuna maka telah dilakukan tes urine terhadap 33 petugas dan 146 warga binaan pemasyarakatan (WBP) bertempat di Lantai 2 Lapas Kelas II B Tahuna, Selasa (30/11/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan atas kerja sama dari Lapas Kelas II B Tahuna dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam mencegah penyalahgunaan narkoba oleh petugas dan warga binaan pemasyarakatan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II B Tahuna Alfred Awoah, S.Pd menjelaskan bahwa kerja sama antara Lapas Kelas II B Tahuna dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) sudah terjalin dua tahun terakhir dalam upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba di dalam Lapas Tahuna termasuk kegiatan tes urine kepada petugas dan warga binaan.

Sementara Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Kepulauan Sangihe Melkias Tuwankota, SE mengatakan bahwa kegiatan tes urine pada petugas dan warga binaan Lapas Tahuna sebagai bentuk tindak lanjut dari kerja sama yang sudah dilakukan dua tahun yang lalu. Tujuan dari kegiatan tes urine ini untuk membuat Lapas Tahuna menjadi Lapas yang BERSINAR (Bersih Narkoba) sekaligus memastikan warga binaan dan perugas Lapas Tahuna tidak terkontaminasi oleh narkoba.

Tentu dengan kegiatan ini diharapkan seluruh warga binaan dan petugas Lapas Tahuna benar-benar bersih dari penyalahgunaan narkoba sekaligus Lapas juga bebas dari peredaran gelap narkoba, kunci Tuwankota.

Adapun hasil dari tes urine 33 petugas dan 146 warga binaan menyatakan negatif dari narkoba. Kedepannya kegiatan tes urine secara berkala akan terus dilakukan, pungkas Plt Kalapas.(jl)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *