Pj. Bupati AHW Lepas Peserta MTQ Tingkat Provinsi Tahun 2024

SANGIHE.Identitasnews.id – Penjabat (Pj.) Bupati Kepulauan Sangihe Albert Huppy Wounde, S.H., M.H (AHW) melepas rombongan peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Kabupaten Kepulauan Sangihe untuk mengikuti MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Utara tahun 2024 di Kota Kotamobagu.

Acara pelepasan di gelar di Rumah Jabatan Bupati, yang di hadiri oleh para Pejabat di Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe, Kepala Kantor Kementerian Agama, Staf Khusus Bupati Ustat Jais Kaunang, S.Ag, Pengurus LPTQ, Ketua rombongan dan peserta MTQ, Jumat (07/06/2024).

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati AHW menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kantor Kementerian Agama yang telah mengawal persiapan Tim MTQ Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Kepulauan Sangihe serta Ketua Rombongan MTQ yang telah mempersiapkan tim ini sehingga siap untuk diberangkatkan mengikuti kegiatan di tingkat Provinsi.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Musabaqah Tilawatil Qur’an merupakan kegiatan yang telah mentradisi dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa kita. Kehadiran MTQ senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat, mengingat even keagamaan ini selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah.

Lantunan Kalam ilahi yang menggema selama pelaksanaan MTQ diyakini mampu menciptakan nuansa religius dan menghadirkan suasana yang memberi kesejukan batin bagi masyarakat. Di samping itu kegiatan MTQ dapat menjadi forum silaturrahim yang mengandung nilai-nilai positif dalam memperkuat rasa persaudaraan dan ikatan kebersamaan lintas etnis dan agama sebagai sesama warga masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Sungguh sangat keliru apabila pelaksanaan MTQ hanya dipahami dari sisi kegiatan syair keagamaan, tanpa mampu memaknai lebih komprehensif akan nilai-nilai manfaat dan kemaslahatan yang menyertainya. Pemahaman dan kesadaran inilah, yang perlu di bangun dalam nurani dan pikiran setiap masyarakat, sehingga kegiatan MTQ tidak hanya disikapi sebagai kegiatan rutinitas seremonial semata tetapi mampu menjadi momentum strategis mewarnai pelaksanaan pembangunan dan perilaku kehidupan masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya dengan nilai-nilai qur’ani.

“Kepada segenap Kafilah MTQ Kabupaten Kepulauan Sangihe saya mengucapkan selamat bermusabaqah, Selamat mengharumkan nama Kabupaten Kepulauan Sangihe di tingkat Provinsi. Saya harapkan peserta dapat memberikan yang terbaik dan beroleh hasil yang terbaik pula”, kata Penjabat Bupati.(jl)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *