ROR-RD Sebut Musrenbang Minahasa 2024 Lahirkan 5 Prioritas Pembangunan

TONDANO, identitasnews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) kabupaten Minahasa tahun 2024 di MOY Convention Center, Kamis (30/3/2023) siang.

Adapun tujuan pelaksanaan Musrenbang RKPD, untuk menampung berbagai masukan dan usulan dari Stakeholders, dalam rangka penajaman, penyelarasan dan penyempurnaan
kerangka regulasi dan anggaran yang akan dituangkan dalam RKPD Kabupaten Minahasa Tahun 2024. Selanjutnya akan digunakan sebagai bahan penyusunan KUA/PPAS dan RAPBD Kabupaten Minahasa Tahun 2024.

Musrembang RKPD Kabupaten Minahasa tahun 2024 ini, mengangkat tema “Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat, perluasan akses pelayanan dasar, serta suksesnya Pemilu”.

Dalam sambutannya, Bupati Minahasa Dr. Ir Royke Octavian Roring, M.Si (ROR), menjelaskan bahwa perwujudan pembangunan sesuai dengan tema RKPD tahun 2024, dan telah ditetapkan dalam prioritas pembangunan, diantaranya :
1. Peningkatan kualitas SDM Minahasa,
2. Peningkatan daya saing perekonomian Minahasa,
3. Peningkatan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang baik dan bersih, 4. Peningkatan pembangunan infrastruktur yang berwawasan lingkungan.
5. Stabilitas kehidupan masyarakat yang aman dan damai.

“Melalui pelaksanaan Musrenbang diharapkan dapat menghimpun aspirasi para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2024,” Jelasnya.

Berikut tahapan-tahapan yang telah dilaksanakan dalam penyusunan RKPD Tahun 2024:

Musrenbang Desa/Kelurahan dilaksanakan pada bulan
Desember 2022 sampai dengan Januari 2023 ;
Orientasi Penyusunan RKPD dilaksanakan pada 12 Desember 2022 bertempat di Bappelitbangda Kabupaten Minahasa;
Musrenbang Kecamatan dilaksanakan pada tanggal 2 – 24
Februari 2023 bertempat di Kecamatan se-Kabupaten
Minahasa.
Forum Konsultasi Publik dilaksanakan pada 14 Maret 2023
bertempat di Ruang Sidang Sekretariat Daerah Kabupaten
Minahasa.
Forum Perangkat Daerah dilaksanakan pada 21 Maret 2023
bertempat di Bappelitbangda Kabupaten Minahasa.
Tahapan penginputan rencana program dan kegiatan dilaksanakan melalui aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) yang proses pengusulannya, dilaksanakan secara
online dengan menggunakan akun masyarakat dan akun desa/kelurahan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Minahasa DR Robby Dondokambey, SSi, MM, MAP (RD), Forkopimda Kabupaten Minahasa, Ketua DPRD Glady Kandouw, SE, dan Ketua-Ketua Komisi DPRD, Forkopimda, Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Utara, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, Kepala Instansi Vertikal, Tenaga Ahli Dan Narasumber, Perwakilan Perempuan/Lembaga Swadaya Masyarakat/Ormas/Tokoh Masyarakat/Akademisi/Asosiasi Profesi/Perbankan. (rom)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *