Sekda Watania Sebut Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan Penting Bagi Kemajuan Daerah

TONDANO, identitasnews.id – Sosialisasi penguatan kelembagaan kemasyarakatan kelurahan sebagai mitra kerja lurah, penting dilakukan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa, Dr Lynda Deisye Watania MM. MSi, mengatakan hal itu pada sosialisasi penguatan kelembagaan kemasyarakatan kelurahan sebagai mitra kerja lurah di Kelurahan Ranowangko Kecamatan Tondano Timur, Kamis (27/6/2024) di Kantor Lurah Ranowangko.

“Sebab, penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat tidak bisa semata-mata hanya dikerjakan oleh pemerintah kecamatan atau pemerintah kelurahan,” kata Sekda.

Watania menjelaskan, tugas-tugas pemerintahan sangat luas cakupannya, dan kelembagaan kemasyarakatan ini merupakan mitra dari pemerintah.

“Jadi, bapak Ibu yang di undang saat ini mempunyai hubungan kemitraan dengan pemerintah kecamatan,” ujarnya.

Pada hakekatnya lanjut Sekda, dari penyelenggaraan pemerintahan ini adalah bagaimana mendapatkan respon dari masyarakat atas setiap kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah.

“Kebijakan adalah sebuah keputusan yang penyusunannya itu sudah di kaji berdasarkan masukan-masukan dari tokoh-tokoh agama,” jelasnya.

Dia mengatakan, bapak ibu yang hadir saat ini adalah orang-orang yang mempunyai kepedulian bagi kemajuan daerah, khususnya di Kecamatan Tondano Timur. Lembaga Kemasyarakatan adalah kepanjangan tangan dari pemerintah kecamatan.

Misalnya saat ini pemerintah lagi fokus pada penanganan masalah stunting. “Lembaga kemasyarakatan bisa menjadi corong dari pemerintah,” ujarnya.

Sebab, lanjutnya salah satu fungsi dari kelembagaan kemasyarakatan adalah menjalankan perannya untuk memberikan masukan-masukan bagi kemajuan kelurahan dan kecamatan.

“Sekda berharap sosialisasi penguatan kelembagaan kelurahan dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh pemangku kepentingan dalam rangka membangun kelurahan Ranowangko yang lebih baik serta membangun Kecamatan Tondano Timur yang lebih baik.”

“Atas nama Penjabat Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong MSi, saya mengajak semua kelembagaan yang ada untuk bersama-sama mewujudkan kota Tondano yang aman damai dan sejahtera,” tambah Sekda.

Dalam kegiatan sosialisasi ini menghadirkan narasumber diantaranya, Staf Ahli Bupati Bidang Politik Hukum dan Pemerintahan, Johnny Tendean AP, MAP, yang juga selaku Plt Camat Tondano Timur, Sekcam Tondano Timur Pieter Arnold Koroh S.Pi MAP, dihadiri Lurah Ranowangko, Evlita Rumate, pengurus TP PKK Kelurahan, pengurus BKSAUA, LPM, Karang Taruna, pengurus Posyandu, tokoh agama, tokoh masyarakat, perangkat Kelurahan.(rom)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *