SIBILIH Jadi Maskot Resmi Pilkada Bolmut

BOLMUT, IdentitasNews.Id –  SIBILIH (Bolmut Memilih) menjadi maskot resmi yang diluncurkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) pada Launching Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024 yang dipusatkan di Lapangan Kembar Boroko, Sabtu (08/06).

Filosofi (SIBILIH) sendiri terinspirasi dari Jagung atau yang biasa kita sebut dengan (Milu) untuk orang-orang Sulawesi Utara. Di mana jagung atau milu ini selalu ada di kawasan kabupaten bolaang mongondow utara. Maskot tersebut melambangkan kesederhanaan, ketahanan, dan keuletan, yang dapat di terepakan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk untuk menentukan pilihan dari setiap masyarakat.

Jagung (Milu), adalah tanaman yang tumbuh di atas tanah dan terlihat jelas oleh semua orang. Dalam konteks pemilu, ini mengajarkan pentingnya transparasi dan kejujuran dari para kandidat dalam proses pemilu itu sendiri. Pemilu yang transparan memastikan bahwa proses pemilihan berlangsung secara adil dan terbuka, mengurangi peluang terjadinya kecurangan dan korupsi.

Jagung merupakan juga
simbol kedaulatan pangan, yang erat kaitannya dengan kedaulatan rakyat. Dalam pemilu, filosofi ini berati memilih pemimpin yang benar-benar berkomitmen untuk mewujudkan kedaulatan rakyat dalam segala aspek.

Ketua KPU Bolmut Zamaludin Djuka dalam sambutanya mengajak kepada seluruh masyarakat bolmut untuk sama-sama turut serta dalam mensukseskan pemilihan kepala daerah pada 27 November Mendatang.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami sehingga acara ini bisa terlaksana terkhusus kepada ribuan masyarakat bolmut yang datang melihat langsung kegiatan ini,” kata Djuka.

Menurutnya KPU Bolmut berkomitmen mensukseskan penyelenggaraan Pilkada 2024 di Bolmut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Olehnya kami meminta kepada semua pihak mendukung setiap tahapan sosialisasi dan datang ke TPS untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Bupati dan Wakil Bupati Bolmut tahun 2024. Marijo kase sukses pilkada torang sama-sama ka TPS,” tutupnya. (FAM)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *