Terima Petugas Pantarlih, Gubernur Olly: Sistem Sudah Lebih Baik dan Maju

Sulut, identitasnews.id – Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey bersama istri Rita Maya Tamuntuan mengikuti Pemutakhiran Data Pemilih dengan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) oleh Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado.

Proses Coklit tersebut dilaksanakan di Rumah Dinas Gubernur yang berada di Bumi Beringin Kota Manado, pada Selasa (02/07/2024).

Gubernur Olly melakukan video call dengan anak-anaknya untuk proses Coklit. Sebab, kedua anaknya lagi tidak berada di tempat.

Gubernur Olly kepada sejumlah awak media usai Coklit turut memuji proses pelaksanaan Coklit.

“Sistemnya saat ini sudah lebih baik serta lebih maju dari Pemilu-Pemilu sebelumnya,” ujarnya.

Menurutnya, pada Pemilihan Umum (Pemilu) waktu lalu terjadi kartu ganda.

“Sebagai contoh nama saya bisa keluar di TPS 1, nama keluarga keluar di TPS 2, tetapi dengan sistem yang ada saat ini saya yakin itu tidak terjadi lagi,” urainya.

Sementara untuk Rio dan Rey Dondokambey, yang adalah anak Gubernur Olly karena tidak berada di tempat maka dilakukan secara virtual.

“Kebetulan mereka tidak ada di rumah dan untuk membuktikan mereka masih tinggal sama-sama dengan orang tua seperti Rey yang ada di Jakarta dan Rio berada di daerah lain terpaksa harus dilakukan video call dan meminta mereka menunjukkan KTP. Nah ini yang saya katakan sistem yang ada saat ini sangat baik dari yang lalu-lalu, sehingga tidak ada data yang tidak akurat,” terangnya.

Gubernur Olly mengimbau masyarakat yang ada di Sulut untuk dapat berpartisipasi serta meluangkan waktu bagi petugas Pantarlih untuk melakukan kegiatan Coklit guna suksesnya Pilkada yang akan dilaksanakan pada November 2024 nanti.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat kalau ada panitia pemilihan yang datang untuk mendata, silakan kita berpartisipasi aktif, dan jika ternyata ada masyarakat yang belum terdaftar melaporlah pada pemerintah setempat agar dapat di data. Hal ini agar supaya nanti untuk partisipasi Sulut pada pelaksanaan Pilkada ini akan terus sukses,” tandasnya.

Proses coklit dipantau langsung Komisioner KPU RI, Betty Epsilon Idroos, Kadiv Perencanaan dan Data KPU Provinsi Sulawesi Utara Lanny Ointu, Ketua Bawaslu Provinsi Ardiles Mewoh dan Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi, Zulkifli Densi, jajaran KPU Kota Manado dan PPS.(*/akm)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *