Unima Gelar Sosialisasi Permendikbudristek Tentang Akreditasi

TONDANO, identitasnews.id – Universitas Negeri Manado (Unima) menggelar Sosialisasi Permendikbudristek Akreditasi program studi/perguruan tinggi dan strategi mencapai akreditasi unggul.

Sosialisasi tersebut disampaikan oleh Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Prof H Ari Purbayanto MSc PhD, bersama Sekretaris Dewan Eksekutif BAN-PT, Tjokorde Walmiki Samadhi, ST., MT., Ph.D.

Menurut Purbayanto, Implementasi Permendikbud Ristek nomor 53 Tahun 2023, ada catatan khusus untuk Unima soal strategi pencapaian akreditasi perguruan tinggi unggul.

” Mendikbudristek memberikan semangat bagi perguruan tinggi dan juga perlindungan terhadap begitu banyak perguruan tinggi di Indonesia.
Dimana akreditasi selalu dianggap sebuah hal yang menakutkan, sehingga terbitlah Permendikbudristek ,” tuturnya.

Lanjutnya, Mendikbudristek, menyampaikan bahwa ini bagian dari episode ke-26 merdeka belajar-kampus merdeka yang menyebutkan, perguruan tinggi diberikan keleluasaan untuk menentukan target capaiannya sendiri, apakah mau unggul, mau go internasional atau cukup minimalis.

“Universitas melalui rencana strategis (Renstra) menetapkan aturan tentang standar pendidikan tinggi oleh universitas tersebut,”jelasnya.

Selain itu, Prof Ari juga memaparkan soal strategi pencapaian. Bahwa Akreditasi Perguruan Tinggi unggul diantaranya adanya dukungan sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai, dukungan dosen yang memiliki kualifikasi dan kompetensi unggul.

“Harus diakui Unima dari segi fasilitas sudah sangat bagus, guru besar, dosen, dan kerjasama internasional,” tegasnya.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XVI GOSULUTTENG, Munawir Sadzali Razak, S.Ip. M.A., mengatakan, diantara perguruan tinggi negeri yang ada di wilayah 16, Unima adalah perguruan tinggi yang paling aktif berkoordinasi, paling aktif berkolaborasi dengan LLDIKTI.

“Ini menandakan bahwa Unima melihat LLDIKTI sebagai mitra yang strategis dalam rangka peningkatan mutu perguruan tinggi,” ujarnya.

“Kami akan mendorong Unima untuk mendapatkan peringatan unggul, kami akan memberikan dukungan yang maksimal kepada Unima sesuai dengan tugas dan fungsi,” tambahnya.

Rektor Unima Prof. DR. Deitje A. Katuuk, M.Pd, mengatakan bahwa salah satu target yang ingin dia capai sebagai rektor adalah menyaksikan kampus ini go internasional. Unima harus terus bergerak maju menjadi lembaga pendidikan yang siap bersaing secara global atau internasional.

” Unima merupakan kampus yang memiliki target yang sangat realistis yakni menjadikan kampus ini go internasional,” ujar Katuuk, Jumat (21/6/2024).

Menurutnya target ini merupakan upaya yang harus direalisasikan oleh semua pihak di lembaga ini, agar Unima makin maju dan berkembang sehingga mampu bersaing dalam kancah yang lebih tinggi. (rom)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *