Wakefest Series 2023 Diikuti 70 Peserta Dalam dan Luar Negeri, Kumendong: Kami Siap Gelar Iven Ini

Tondano, identitasnews.id – Perheletan Wakefest atau olahraga air ini akan meramaikan Tondano, ibu kota Kabupaten Minahasa, pada Jumat 24 November 2023 besok.

Kesiapan Wakefest ini pun telah dimatangkan dari jauh hari oleh penyelenggara International Waterski and Wakeboard Federation (IWWF), atau panitia Wakefest Minahasa 2023 yang koordinir ibu Ira Tulong.

Terselenggaranya ivent ini, berkat bekerjasama penyelenggara dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Minahasa. Kejuaraan Wakefest 2023 ini perdana di Minahasa, dan sebagai ajang bergengsi karena melibatkan atlet-atlet Asean, seperti China, Hong Kong, Jepang, Singapura, Taiwan, dan Thailand.

Dikatakan Penjabat (Pj) Bupati Dr Jemmy Stani Kumendong, M.Si kesiapan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa sebagai tuan rumah dalam kejuaraan Wakefest 2023 atau Ski Air ini sudah siap.

“Persiapan kami, saya kira sudah matang karena dilihat dari lokasi tempat berlangsungnya kejuaraan serta infrastruktur bangunan, seperti panggung dan segala keperluan telah selesai. Tinggal teknis penyelenggara pertandingan, dan itu tanggung jawabnya IWWF atau panitia Wakefest itu sendiri,” kata Kumendong kepada sejumlah wartawan, Kamis (23/11/2023) sore di lokasi tempat berlangsungnya kejuaraaan Ski Air itu.

Sementara itu, Ira Tulong panitia penyelenggara Wakefast Minahasa 2023 mengatakan, apa yang sudah disampaikan Bupati Minahasa barusan terkait dengan kesiapan kejuaraan di Danau Tondano sudah matang, tinggal teknisnya saja dari penyelenggara.

“Perlu saya jelaskan kolaborasi antara penyelenggara Wakefest 2023 dengan pemerintah disini sudah terbangun dengan baik, sehingga kesiapan kami sudah sangat siap. Dan itu, berkat kerja keras semua panitia maupun pihak luar yang turut serta membantu kami sampai sekarang,” kata peSki Air asal Sulut ini.

Selain itu, dia menjelaskan peserta yang sudah ambil bagian atau telah teregister dalam kompetisi Wakefest Minahasa 2023, sebanyak 70 atlet dari berbagai negara.

“Atlet Internasional berjumlah 65 peserta, sisanya dari Indonesia. Untuk lomba yang dipertandingkan, menurut Ira, Wakeboard ada 4 kategori yang dilombakan, masing-masing Open, Intermediate, Novice sama junior. Sementara Wakefest sendiri, ada Wakefest Skin open, Wakefest open, Combinat atau Kombinasi dan amatir,” bebernya.

Kejuaraan Wakefest Minahasa 2023 ini, pihak penyelenggara mendatangkan juara-juara Asia dari Korea dan Jepang. Bahkan, atlet-atlet Indonesia pun ambil bagian pada ajang bergengsi ini.

“Dengan adanya kejuaraan Wakefest Minahasa 2023, saya berharap semua atlet dari luar merasa senang berada di tanah Minahasa khususnya, dan Sulawesi Utara pada umumnya. Sebab, selain mereka berkompetisi, juga menikmati keindahan alam di sekitar Danau Tondano,” ujarnya.

“Saya berterima kasih juga kepada Pemerintah Daerah, bapak Gubernur Sulut Olly Dondokambey, dan Bupati Minahasa Jemmy Kumendong bersama Ketua Fakewest Minahasa 2023 Rio Dondokambey, yang sudah berkontribusi dalam pelaksanaan kejuaraan ini. Harapan saya, semoga ivent ini bisa menaikan antusias anak-anak muda Sulawesi Utara untuk menjadi atlet Ski Air,” tandasnya.

Selain menyajikan ajang olahraga Wakeboard dan Wakefest, juga akan diramikan dengan festival budaya, wisata kuliner, pameran suvenir, dan hiburan musik. (rom)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *