WAKILI INDONESIA, BUPATI ROYKE RORING KOMITMEN TINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PESISIR

TONDANO, identitasnews.id – Bupati Dr. Ir. Royke Octavian Roring M.Si terus menunjukkan komitmennya untuk membawa Kabupaten Minahasa semakin maju dan unggul dalam berbagai sektor, tak terkecuali di bidang kelautan.

Kali ini dalam rangka mengoptimalkan potensi kelautan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir, Bupati Royke Roring diundang untuk menghadiri Konferensi Kelautan Dunia Our Ocean Conference tahun 2023 di Panama Convention Center, Republik Panama.

Konferensi Kelautan bertajuk 8 th Edition Of The Ocean Confrence ini berlangsung sejak Kamis (2/3) sampai Minggu (5/3).

“Pak Bupati sendiri tergabung dalam delegasi Indonesia yang hadir yakni Dirjen Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kemenko Marves, Bappenas, Kementerian Investasi dan BKPM, Kemenlu dan Bupati Buton,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa, Maya Kainde SH, MAP.

Adapun konferensi ini dihadiri 500 peserta yang terdiri dari Bupati dan Walikota di sejumlah negara yang memiliki daerah pesisir.

“Yang paling membanggakan, hanya ada dua kepala daerah dari perwakilan Indonesia yang terundang dalam konferensi internasional ini, yakni Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring M.Si dan Bupati Buton, Sulawesi Tenggara, Drs. Basiran M.Si,” jelas Maya.

Kehadiran Bupati dalam konferensi ini, menurut Maya, juga sekaligus untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi laut yang dimiliki kepada perwakilan negara-negara yang hadir dalam konferensi kelautan dunia ini.

“Jadi Pak Bupati hadir didampingi Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekdakab Minahasa, Ir. Wenny Talumewo. Mewakili komunitas atas nama jaringan “Coastal 500″, sebuah jaringan yang beranggotakan para pemimpin pemerintah daerah. Pak Bupati dan rombongan juga telah menghadiri sesi pleno dan acara-acara sampingan tentang perikanan berkelanjutan, masyarakat pesisir, dan perlindungan laut,” papar Kainde.

Bupati bersama delegasi Indonesia juga menyelenggarakan sesi tentang karbon biru. Intinya membahas Kemitraan Aksi Karbon Biru, yang merupakan kemitraan dengan Forum Ekonomi Dunia.

“Pak Bupati berkomitmen akan berpartisipasi dalam lokakarya dengan para pemimpin lain dari jaringan Coastal 500 untuk berbagi pekerjaan kami satu sama lain dan belajar dari contoh-contoh di daerah lain,” tandasnya.

Diketahui, Our Ocean Conference adalah pertemuan internasional pemerintah nasional organisasi internasional dan advokat laut yang membuat komitmen untuk mendukung kemajuan nyata menuju lautan yang lebih sehat Konferensi ini diprakarsai oleh mantan Menteri Luar Negeri AS John Kerry pada tahun 2014.

Konferensi tahun ini berlangsung setelah Global Biodiversity Framework (bersejarah yang ditandatangani Desember lalu di Montreal pada Konferensi Perserikatan Bangsa Bangsa (COP 15) Konvensi Keanekaragaman Hayati. GBF memasukkan tujuan untuk melindungi 30 tanah dan air dunia pada tahun 2030 yang dikenal sebagai 30 × 30.

Delegasi Rare ke Our Ocean sendiri akan menyoroti mengapa fokus pada laut pesisir dan teritorial sangat penting untuk mencapai 30 × 30 sambil memenuhi kebutuhan masyarakat lokal yang bergantung pada alam untuk makanan dan penghidupan.(rom)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *