Warga Diingatkan Waspadai Demam Berdarah

Bitung, identitaanews.id – Meski curah hujan relatif sudah berkurang namun penyakit demam berdarah dinilai masih mengancam setiap warga.

Masyarakat diingatkan agar tetap waspada dan senantiasa membersihkan lingkungan tempat tinggal terutama mengeringkan semua genangan air pada wadah-wadah yang tidak tertutup.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung, Dr Jeaneste Watuna mengatakan, ada berbagai penyakit yang harus diwaspadai pada musim hujan antara lain Demam Berdarah.
“Biasanya diawal tahun merupakan siklusnya,” ungkapnya.

Masyarakat pun dihimbau agar melakukan pencegahan dengan cara 3M plus, yakni menutup,menguras,mengubur objek yg menjadi tempat berkembangnya jentik-jentik nyamuk.

Watuna menjelaskan, yang dimaksud 3M plus adalah saja la banyak kegiatan mengatakan seperti menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, dan menanam tanaman pengusir nyamuk.

“Selain itu, infeksi saluran pernapasan atas atau ISPA juga sangat berpotensi. Orang juga mudah terserang batuk pada musim hujan maupun panas karena berdebu,” jelasnya.

Watuna mengingatkan warga agar senantiasa menjaga kebersihan Iingkungan tempat tinggal, seperti membersihkan setiap saluran yang tersumbat agar tidak digenangi air, membersihkan atau menutup semua wadah yang terbuka agar tidak digenangi air sehingga tidak menjadi tempat nyamuk bertelur.
“Semua peralatan makan juga harus terjaga dan bersih dan selalu tertutup,” ujarnya sembari menambahkan agar anak-anak tidak dibiarkan jajan makanan disembarangan tempat.(wilson)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *